Thursday, March 26, 2015

Peluang Bisnis Perikanan Budidaya Meningkatkan Perekonomian Indonesia

            Perikanan Budidaya merupakan salah satu bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan yang besar dan bermanfaat bagi masyarakat. Hal tersebut dapat terealisasi dengan cukupnya pengetahuan pengusaha untuk melihat peluang bisnis perikanan budidaya tersebut. Selain melihat kondisi pasar perikanan budidaya diperlukan pula trend bisnis perikanan budidaya tersebut, sehingga dapat kita simpulkan bahwa bisnis tersebut akan menjadi andalan pada masa yang akan datang.
            Trend bisnis dapat dilihat dari permintaan secara global yang dapat dilihat dari angka peningkatan produksi perikanan budidaya pada setiap tahunnya. Dengan melihat trend tersebut dapat menjadi acuan dasar untuk memulai bisnis dibidang perikanan budidaya. Selain peningkatan produksi dapat dilihat pula gaya hidup masayarakat dalam mengkonsumsi ikan pada setiap tahunnya.




            Dapat kita ketahui pada saat ini konsumsi ikan masyarakat terus meningkat pada setiap tahunnya dan juga hal tersebut dipicu dengan adanya Gerakan Makan Ikan yang digalakkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Selain itu dapat dilihat pula perkembangan restaurant yang menyajikan menu dengan bahan dasar ikan cukup banyak berkembang pada saat ini.
            Hal tersebut didukung oleh adanya peningkatan Produksi Perikanan Budidaya pada tahun 2013 yang melampaui target sebesar 102,24 persen atau sebesar 13,3 ton dari target yang ditetapkan sebesar 13,02 ton berdasarkan keterangan dari Men KP Bapak Sharif C  Sutardjo.


            Perikanan Budidaya telah banyak berperan untuk meningkatkan produksi perikanan Budidaya setiap tahunnya dengan berbagai program pengembangan usaha perikanan budidaya. Dampak program yang diterapkan kepada masyarakat masyarakat telah banyak mengalami peningkatan diantaranya adalah adanya peningkatan jumlah tenaga kerja yang pada saat ini per Agustus 2014 telah mencapai 41.636 orang.
            Tenga kerja akan lebih banyak terserap dengan bertambahnya investasi usaha berupa kredit usaha yang salah satunya didapatkan dari Perbankan. Perikanan Budidaya menyarankan bantuan Kredit Usaha Perbankan kepada pembudidaya ikan untuk digunakan sebagai bahan untuk pengembangan usahanya. Data yang diterima Ditjen Perikanan Budidaya per Agustus ini dana KKP E telah dikucurkan sebesar Rp. 2.188.000.000,- dan dana KUR sebesar Rp. 8.215.520.
            Dengan demikian bisnis dibidang perikanan budidaya terlihat semakin meningkat dan menjanjikan untuk dikembangkan kedepan. Selain itu hal tersebut  dapat dijadikan peluang untuk segera memulai untuk berinvestasi dan terjun dalam bisnis bidang perikanan budidaya. (Syati S)

            

No comments:

Post a Comment