Sunday, December 8, 2013

BUMINA DAN SAMINA HASIL INOVASI TEKNOLOGI EFISIENSI AIR



Pada pameran Gelar Karya Inovasi Teknologi Hasil Penelitian dan Pengembangan yang diselenggarakan di Ballroom Gedung Mina Bahari III KKP pada hari Selasa tanggal 12  Nopember 2013 Instalasi penelitan Cibalagung Bogor, Balitbang KP menampilkan dua  kolam ikan terpal yang diberi nama “Bumina” (Buah dan ikan) dan “Samina” (Sayuran dan ikan).

Display kedua kolam tersebut sangatlah menarik, hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme pengunjung dalam mendapatkan informasi mengenai kedua kolam ikan terpal tersebut. Yang menjadi pusat perhatian dalam kolam ikan tersebut salha satunya adalah dari fungsinya yaitu selain dapat memelihara ikan pada kolam tersebut pula dapat memelihara tanaman berupa buah dan sayuran. Fungsi lainnya adalah dari sistem pengairannya yang cukup efisien yaitu air yang dipergunakan untuk menyiram tanaman bersumber dari air kolam. Dalam mengatur sirkulasi air kolam tersebut diperlukan alat pompa kecil sehingga aliran air akan mengalir secara proposional ke tanaman dan air kolam.
Bukan hanya kemudahan dalam mengelolanya saja, apabila Bumina dan Samina ini serius dilakukan akan menjadi usaha yang dapat menguntungkan secara finansial. Tentunya dengan analisa usaha yang sesuai dan teknik budidaya yang baik hal tersebut akan menjadi lebih mudah.


Sistem Bumina dan Samina ini diharapakan dapat memberikan alternatif kepada masyarakat dalam melakukan usaha dibidang perikanan budidaya dengan tambahan keuntungan usaha yang berasal dari buah dan sayuran. Hal tersebut diharapkan dapat mendukung peningkatan ekonomi masyarakat dan ketahanan pangan yang berkelanjutan. (Syati Saptaria)

No comments:

Post a Comment