Sunday, December 8, 2013

BEDAH BUKU PADA GELAR INOVASI TEKNOLOGI HASIL PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN 2013

Gelar Karya Inovasi Teknologi Hasil Penelitian dan Pengembangan yang diselenggarakan di Ballroom Gedung Mina Bahari III KKP pada hari Selasa tanggal 12  Nopember 2013 tidak hanya menyelenggarakan mengenai inovasi yang telah dicapai oleh Balitbang KP melalui beberapa tayangan audiovisual. Pada Gelar Inovasi ini diselenggarakan pula bedah buku yang telah berhasil diterbitkan oleh Badan Penelitan dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan.
Buku yang berhasil diterbitkan terdiri dari dua buah buku yang berjudul “Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan” dan “Rekomendasi Teknologi Kelautan dan Perikanan”    

  
Pada acara bedah buku disampaikan bahwa buku Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan membahas mengenai industrialisasi dengan konsep blue economy yang memuat beberapa komoditas prioritas industrialisasi. Selain itu pada buku tersebut membahas pula  hasil-hasil penelitian terkait pengelolaan limbah yang menghasilkan nilai tambah dengan penerapan konsep blue economy zero waste. Pada buku Rekomendasi Teknologi Kelautan dan Perikanan memuat mengenai keunggulan teknologi dan analisis finansialnya juga memuat mengenai cyber extension.
             
Pada pembahasan bedah buku para undangan sangat antusias terhadap bahasan mengenai cyber extension. Beberapa peserta masih ragu terhadap fungsi cyber extension tersebut dikarenakan pada saat ini pelaku kelautan dan perikanan terutama pelaku tingkat bawah masih cenderung belum menerima fungsi teknologi. Untuk mengatasi hal tersebut narasumber manyampaikan bahwa dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai cyberextension ini dibutuhkan sosialisasi yang efektif kepada stake holder Kelautan dan Perikanan, terutama kepada pelaku kelautan dan perikanan tingkat bawah. (Syati Saptaria).

No comments:

Post a Comment