Monday, December 9, 2013

MINA PADI ALTERNATIF USAHA MASYARAKAT INDONESIA DALAM PEMENUHAN GIZI



Mina padi adalah salah satu sistem yang diperkenalkan Direktorat usaha dalam acara Hari Pangan Sedunia. Mina Padi adalah cara yang digunakan oleh petani dengan menggabungkan teknik budidaya padi dan pemeliharaan ikan, yang dilakukan secara bersamaan di sawah. Dikarenakan keberadaan air disawah dalam sistem mina padai sangat dibutuhkan diperlukan pengetahuan teknis yang lebih bagi petani dalam menjalankan sistem mina padai ini. Sistem mina padi, jelas mempunyai keuntungan yang dapat dirasakan oleh petani. Salah satunya adalah petani ketika panen bukan hanya mendapatkan hasil makan pokok berupa beras tetapi pada saat bersamaan petani akan mendapatkan hasil panen berupa ikan.

Sebelum menjalankan usaha dengan sistem Minapadi petani harus memperhatikan persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya adalah tersedianya air yang cukup serta pengairan yang baik selama pemeliharan dilakukan, agar ikan tidak mengalami kekurangan air, sawah harus subur. Untuk itu berilah pupuk bila diperlukan, sawah harus bebas banjir, sawah mudah dikeringkan agar memudahkan perawatan tanaman padi, juga agar memudahkan dalam pemanenan ikan nanti ,tanah sebaiknya agak liat, gunanya untuk menjaga tetap tersedianya air dalam sawah dan aman dari bahaya pencurian.


Dalam memenuhi pengetahuan masyarakat mengenai mina padi tersebut Direktorat Usaha Perikanan Budidaya pada acara Hari Pangan Sedunia menyediakan berbagai informasi mengenai sistem Mina padi yang diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas bagi masyarkat. Tidak hanya pengetahuan secara teknis mengenai sistem mina padi yang dapat diperoleh masyarakat pada kegiatan Hari pangan Sedunia tetapi analisa usaha dalam menjalankan sistem minapadi tersebut dapat diperoleh pula di Stand Kementerian Kelautan dan Perikanan, Direktorat Usaha Perikanan Budidaya, Direktorat Usaha Budidaya.

Kelebihan usaha Mina padi ini adalah pendapatan diperoleh dari dua komoditi yaitu padi dan ikan. Pada pemanfaatan lahan perlu lebih diperhatikan proposionalnya antara lahan untuk padi dan lahan untuk ikan harus sesuai dan seimbang peruntukannya. Selain itu pola dalam penaman padi dan ikan ada berbagai macam pola yang dapat diterapkan. 

Dalam menerapkan sistem minapadi ini diperlukan pemilihan jenis ikan yang baik,  dan dalam memilih jenis ikan pada sistem mina padi ini perlu diketahui jenis ikan yang cocok untuk dipelihara dengan sistem ini, diantaranya adalah ikan Mas, Karper,Tawes, Nilem, Mujair dan Nila. Ikan mas dan Karper merupakan jenis-jenis yang paling baik dipelihara di sawah karena ikan-ikan tersebut tumbuh dengan baik dengan air dangkal serta tahan panas. (Syati Saptaria).

No comments:

Post a Comment