Monday, December 9, 2013

HARI PANGAN SEDUNIA UNTUK MENINGKATKAN KEPUDULIAN MASYARAKAT DALAM PENYEDIAAN PANGAN YANG CUKUP DAN BERGIZI



Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai sumberdaya dan lahan berpotensi untuk dimanfaatkan dalam menghasilkan pangan yang cukup dan bergizi. Dalam membangun dan meningkatkan produksi pangan Indonesia tentunya diperlukan berbagai upaya dalam menunjangnya. Selain itu ragam pangan yang dihasilkan dan dibutuhkan harus sesuai dengan permintaan yang ada pada masyarakat, sehingga kebutuhan pangan masyarakat Indonesia dapat terpenuhi dengan maksimal. Tidak hanya kebutuhan pangan Indonesia saja yang harus dipenuhi bahkan kebutuhan pangan dunia merupakan salah satu tanggung jawab negara Indonesia untuk membantu memenuhinya.

Pemenuhan kebutuhan pangan dunia menjadikan salah satu tantangan yang dihadapi oleh Indonesia. Hal tersebut menjadi dasar pentingnya untuk diselenggarakan kegiatan yang dapat meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pangan bagi kehidupan manusia. Dengan diselenggarakan kegiatan Hari Pangan Sedunia merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan peranan masyarakat Indonesia dalam pemenuhan pangan yang dibutuhkan masyarakat.


Hari Pangan sedunia tahun 2013 diselenggarakan di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 30 Oktober sd 02 November 2013. Perayaan puncak peringatan Hari Pangan sedunia dilaksanakan dengan mengusung tema "Optimalisasi Sumberdaya Lokal Melalui Diversifikasi Pangan Menuju Kemandirian Pangan dan Perbaikan Gizi Masyarakat".  Acara dibuka secara resmi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 30 Oktober 2013 yang dihadiri oleh beberapa Menteri Kabinet, 14 Gubernur se- Indonesia, perwakilan Duta Besar beberapa negara serta perwakilan FAO diIndonesia.
 
Pada hari pangan sedunia Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Direktorat Usaha Budidaya memperkenalkan beragam usaha bidang perikanan budidaya yang dapat dijalankan oleh masyarakat Indonesia yang diharapkan pula dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Sumatera Barat pada khususnya dan masayarakat dunia pada umumnya. Hal tersebut mendukung tujuan umum dari kegiatan Hari Pangan sedunia yaitu meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dan para Stakeholder terhadap pentingnya Penyediaan pangan yang cukup dan bergizi, baik bagi masyarakat Indonesia Maupun dunia. (Syati Saptaria)

No comments:

Post a Comment