Tuesday, June 11, 2013

SOSIALISASI PUMP – PB 2013 PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT




Pengembangan Usaha Mina Pedesaan Perikanan Budidaya (PUMP PB) tahun 2013 adalah salah satu kegiatan yang dijalankan untuk mengentaskan kemiskinan diwilayah pesisir dan sentra-sentra perikanan. PUMP Perikanan Budidaya merupakan kegiatan pem-berdayaan masyarakat yang dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pembudidaya ikan, serta mendukung peningkatan kehidupan nelayan (PKN).

Pada tahun 2013 PUMP PB memberikan alokasi bantuan sebanyak 4000 paket untuk kelompok pebudidaya ikan diseluruh Indonesia. Salah satu Provinsi yang mendapatkan alokasi PUMP adalah Nusa Tenggara Barat yang meiliki potensi perairan yang tidak dapat diragukan lagi, bukan hanya potensi perairan laut akan tetapi potensi air tawanya pun cukup potensial intuk dikembangkan. Dengan pertimbangan tersebut daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat sangatlah layak untuk diberikan alokasi dana PUMP. Pada tahun ini Nusa Tenggara Barat mendapatkan alokasi paket bantuan sebesar 63 paket untuk 10 kabupaten/kota. Satu paket bantuan yang diberikan sebesar Rp. 65.000.000,-.

Paket tersebut disebarkan ke Kabupaten dan Kota diwilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan rincian sebagai berikut :

NO
KABUPATEN / KOTA
ALOKASI PUMP

1
Kab. Lombok Barat
6

2
Kab. Lombok Tengah
8

3
Kab. Lombok Timur
6

4
Kab. Sumbawa
10

5
Kab. Dompu
5

6
Kab. Bima
6

7
Kota Bima
4

8
Kab. Lombok  Utara
5

9
Kab. Sumbawa Barat
8

10
Kota Mataram
5


TOTAL
63


                Untuk mensosilisasikan program PUMP PB tahun 2013, Provinsi Nusa Tenggara Barat menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi PUMP PB dengan mengundang dua narasumber dari Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Direktorat Usaha untuk menjelaskan mengenai peraturan dan program PUMP PB tahun 2013.  Pada kegiatan tersebut Provinsi mengundang seluruh Kabupaten/Kota Provinsi NTB dan PPTK yang menangani PUMP PB 2013.

                Sosialisasi PUMP PB 2013 dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Barat dan dilanjutkan sambutan oleh Kepala Bidang Budidaya Dinas Provinsi. Kepala Dinas dan Kabid Budidaya menyampaikan bahwa kegiatan PUMP PB telah membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wiliyah Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan disampaikan pula bahwa masih banyak wilayah di Nusa Tenggara Barat yang masih membutuhkan bantuan dana untuk mengembangkan usaha perikanan budidaya.

                Materi pertama pada kegiatan sosialisasi PUMP PB 2013 dipaparkan oleh Bapak Darma Utama yang menjelaskan mengenai peraturan dan ketentuan yang harus dijalankan dalam melaksanakan kegiatan PUMP PB, setelah pemaparan dilanjutkan oleh Diskusi. Pada sesi diskusi dapat disimpulkan bahwa peserta sudah memahami peraturan dan persyaratan yang harus dipenuhi dalam mengajukan usulan PUMP PB. Tetapi masih terdapat pertanyaan-pertanyaan yang bersifat teknis yang masih menjadi kendala dalam percepatan pengajuan bantuan PUMP PB. Diantaranya adalah mengenai lokasi yang terpencil, persyaratan administrasi yang sulit untuk dipenuhi seperti kartu identitas dan keterbatasan akademis dari anggota kelompok pembudidaya ikan. Hal tersebut dapat diatasi dengan bantuan PPTK yang sudah ditunjuk untuk membantu mempersiapkan dokumen pengusulan PUMP PB 2013.

                Materi kedua dipaparkan oleh ibu Syati Saptaria yang menerangkan mengenai persyaratan dan ketentuan yang harus dijalankan untuk menghasilkan dokumen yang sesuai dengan Pedoman Teknis yang berlaku. Dengan mengikuti ketentuan tersebut diharapkan akan menghasilkan dokumen dengan cepat dan sesuai dengan format yang berlaku.

                Dalam mengikuti kegiatan sosialisasi peserta dari Kabuoaten/Kota NTB dan PPTK mendapatkan pemahaman baru mengenai prosedur dan ketentuan yang harus dijalankan dalam menjalankan kegiatan PUMP PB 2013 dari tahap pengusulan, pencairan, pelaksanaan kegiatan pembudidayaan ikan dan laporan produksi yang harus disampaikan ke dinas Provinsi dan instansi pusat.

                Diharapkan kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan dampak terhadap percepatan pencairan dana BLM PUMP PB tahun 2013, sehingga kegiatan perekonomian bidang perikanan budidaya khususnya ddaerah Nusa Tenggara Barat dapat berjalan dengan cepat serta menghasilkan produksi yang memuaskan. (Syati Saptaria)

No comments:

Post a Comment