Sunday, January 5, 2014

“SINAU ANDANDANI EKONOMI” SUKSES BERBUDIDAYA IKAN



           Dalam menjalankan bisnis dibidang perikanan budidaya tentunya diperlukan kemampuan untuk mengelola keuangan yang berhubungan dengan besarnya keuntungan yang akan diterima dalam menjalankan bisnis terebut.  Bukan hanya aspek keuangan saja yang perlu diperhatikan, aspek organisasi atau kekompakan Pokdakan pula harus terus diperhatikan dan dibina. Organisasi yang baik adalah wadah berkegiatan yang nyaman dengan segala dinamikanya.
                Pokdakan SAE (Sinau Andandani Ekonomi) salah satu Pokdakan yang suskes bebudidaya ikan Nila yang berlalamat di Desa Margomulyo, Kecamatan Balen, Kabupaten / Kota  Bojonegoro, Propinsi  Jawa Timur.  Pokdakan SAE telah melakukan pengembangan keorganisasian dan memperluas jangkauan. Dari hanya sekedar budidaya perikanan menjadi aspek kegiatan yang lebih luas.
                kelompok SAE awal berdirinya pada tahun 2009  yang dikukuhkan oleh Kepala Desa Margomulyo pada tahun 2009 dan dibawah binaan dinas peternakan dan perikanan kabupaten Bojonegoro, pada saat itu  memiliki 5 orang anggota kelompok.  Dengan berjalannya waktu perkembangan usaha budidaya ikan nila di desa Margomulyo semakin terasa manfaatnya yang tentunya berdampak pada meningkatnya perekonomian para anggota sehingga banyak anggota baru yang masuk dikelompok SAE (Sinau Andandani Ekonomi) yang pada saat ini anggota berkembang menjadi 15 orang.
                Dalam merintis usahanya Pokdakan SAE selalu melakukan komunikasi dengan dunia luar, dan dilakukan secara terus menerus,  aktif dalam mengkampanyekan pembudidayaan ikan air tawar, melibatkan para ahli bidang perikanan budidaya yang berkontribusi meningkatkan peran aktif kelompok diperikanan air tawar dan selain itu Pokdakan SAE juga secara aktif melakukan komunikasi insentif dengan dinas peternakan dan perikanan kabupaten Bojonegoro dalam rangka pengembangan budidaya perikanan.
                Usaha pokok yang dimiliki kelompok SAE (Sinau Andandani Ekonomi) berkonsetrasi kepada usaha Budidaya ikan nila dan pemasarannya. Selain itu terdapat usaha penunjang lainnya yaitu        Produksi Probiotik dan fermentasi pakan peternakan dan perikanan, Produksi dan pemasaran olahan perikanan berupa krupuk ikan nila.


                Bukan hanya sukses dalam menghasilkan keuntungan, kelompok SAE memiliki [restasi yang sukup membanggakan yaitu pernah menjadi  Juara I pemuda pelopor Tingkat Nasional Tahun 2011 Bidang kelautan di Kementrian pemuda dan olahraga, Pendampingan pemberdayaan masyarakat pesisir Surabaya dikelompok tani Mangrove, Wonorejo, Surabaya dan Sertifikat Budidaya ikan yang mendukung.
                Dengan memiliki aktivitas kelompok yang berprestasi tentunya dapat memberikan dampak yang positif bagi lingkungan sekitarnya. Dampak tersebut akan dirasakan dengan meningkatnya kesejahteraan anggota kelompok dan tentunya akan merangsang masyarakat lain untuk memulai menjalankan usaha dibidang perikanan budidaya. (Syati Saptaria)

No comments:

Post a Comment