Tuesday, March 26, 2013

PENTINGNYA PERHITUNGAN USAHA

Perhitungan keuntungan usaha  yang dijalankan awalnya terasa tidak terlalu diperlukan. Mungkin karena awal usaha hanya menggunakan modal yang sedikit. Hal tersebut merupakan pemikiran yang tidak memperhatikan usaha pada waktu yang akan datang. Apakah usaha tersebut akan berkembang atau tidak tentunya dapat dicapai apabila pada awal usaha dilakukan sudah membuat target pencapaian pada jangka pendek dan jangka panjang. Apapun usaha itu baik usaha kecil, menengah maupun besar sebaiknya memperhatikan keberlanjutan usaha tersebut pada masa yang akan datang. 


Keberlanjutan suatu usaha tentunya ditentukan oleh keuntungan yang dihasilkan dari usaha yang dijalankan. Untuk mengetahui keuntungan dari setiap usaha tentunya banyak cara dalam memperhitungkannya. Ada yang menggunakan cara sederhana atau tradisional ada juga yang sudah menggunakan perhitungan analisa usaha.


Perhitungan sederhana diintepretasikan penulis sebagai perhitungan harian yang dicatat pada  buku manual yang akan dikalkulasikan pada saat panen dan dikurangi dengan hasil penjualan panen. Tentunya dengan cara tersebut masih ada kemungkinan adanya pengeluaran tercatat. Selain itu juga hasil perhitungan tersebut hanya menampilkan besarnya keuntungan dari usaha tersebut. 



Catatan harian tentunya masih sangat dibutuhkan untuk menganalisa usaha yang dijalankan. Pada analisa usaha sederhana dapat dilakukan perhitungan sebagai berikut :


1. Jumlah Biaya (Total Cost) [TFC + TVC]

2. Hasil Bersih [TR – TC]

3. B/C Ratio [TR/TC]

4. Break Even Point (BEP) [TC/Tot. Prod/thn]

5. FRR [Hasil Bersih/Investasi]

6. PPC [Investasi/Hasil Bersih]

(Syati Saptaria)

No comments:

Post a Comment