Friday, May 30, 2014

Komoditas Unggulan Usaha Perikanan Budidaya di Propinsi Aceh



            Indonesia memiliki beragam komoditas perikanan yang berpotensi besar untuk dikembangkan. Pada setiap daerah memiliki potensi komoditas perikanan yang berbeda dan secara umum harus memperhatikan kesesuaian iklim dan lingkungan yang cocok untuk proses budidaya komoditas perikanan budidaya tersebut. Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki iklim penghujan dan kemarau.
            Komoditas yang dapat dikembangkan di Indonesia terdiri dari komoditas ikan laut, komoditas ikan payau dan komoditas ikan tawar. Ketiga komoditas tersebut sangat memungkinkan untuk dikembangkna di Indonesia dikarenakan potensi lahan yang ada di Indonesia cukup luas. Selain potensi lahan perikanan budidaya Indonesia memiliki potensi komoditas yang cukup beragam dan berbeda pada setiap daerah. Hal tersebut merupakan salah satu penentu peluang usaha yang dapat memberikan keuntungan.
            Salah satu daerah yang memiliki potensi perikanan budidaya adalah daerah Propinsi Aceh. 

Gambaran potensi komoditas perikanan budidaya yang dapat dikembangkan di Propinsi Aceh dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Provinsi
Budidaya
Kabupaten
Komoditas Unggulan
Aceh
Air Tawar
Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Gayo Luwes, Bener Meriah dan Nagan Raya
Ikan nila, mas, lele, patin.
Air Payau
Aceh utara, Piddie, Bireun, Aceh Timur, Langsa dan Aceh Tamiang
Udang Vanamei, Udang windu, Kepiting dan Bandeng.
Air Laut
Sabang, Aceh Besar, Aceh Barat, Aceh Selatan, Simeleu dan Aceh Singkil
Kerapu, Kakap, Lobster, Teripang, Kerang Mutiara dan Rumput Laut.

            Dengan melihat tabel potensi komoditas ikan di Propinsi Aceh terdapat sekitar 13 komoditas ikan yang dapat dikembangkan di Propinsi Aceh. Selain itu memberikan pula gambaran mengenai jenis usaha yang dapat dipilih, diminati dan disesuaikan dengan jenis usaha yang dikuasi oleh masyarakat yang berminat untuk membuka usaha dibidang perikanan budidaya.(Syati Saptaria)

1 comment:

  1. terima kasih atas infonya, saya ingin menanyakan adakah komoditi perikanan yang ada di kabupaten Aceh Jaya berdasarkan tujuan budidaya yang dilakukan di daerah tersebut?? mohon tanggapi komentar dan pertanyaan yang saya ajukan.

    ReplyDelete