Monday, January 13, 2014

POKDAKAN BELA TANI SUKSES MENBUDIDAYAKAN IKAN GURAME MENDAPATKAN DANA KKPE RATUSAN JUTA RUPIAH



             Dalam menjalani bisnis diperlukan perencanaan yang matang untuk menghindari kegagalan dalam menghasilkan keuntungan. Dalam melakukan perencanaan dapat dilakukan dengan membuat catatan sederhana yang memuat segala sesuatu yang diperlukan dalam menjalankan kegiatan usaha supaya kegiatan yang  akan dilakukan lebih terencana dan sistematis, sehingga akan meminimalkan biaya yang akan dikeluarkan.
                Selain perencanaan yang baik diperlukan jalinan kerjasama yang baik dengan stakeholders yang dapat menunjang usaha kita, tentunya kerjasama yang saling menguntungkan. Hal tersebut telah diterapkan oleh Pokdakan Bela Tani yang berasal dari Lingkungan VI, Kelurahan Tualang, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Propinsi Sumatera Utara. Pokdakan Bela Tani melakukan usaha pembesaran ikan Gurame yang sebelumnya pernah mengalami kerugian dalam menjalankan usaha pemebsaran ikan patin. Kegagalan tersebut dijadikan pelajaran berharga oleh Pokdakan Bela Tani dan tidak menyusutkan usahanya dalam menjalankan usaha dibidang perikanan budidaya.
                Setelah menjalankan usaha pembesaran ikan gurame Pokdakan Bela Tani mendapatkan keuntungan yang cukup memuaskan, keberhasilan tersebut tidak terlepas dari perjuangan seluruh anggota Pkdakan Bela Tani, terutama Bapak M. Yamin selaku Ketua Pokdakan yang telah melakukan upaya mengadakan sosialisasi, pelatihan dan pembinaan kerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Serdang Bedagai.
                Dalam memperoleh kesukseannya Pokdakan Bela Tani memanfaatkan bantuan dana yang diperoleh pada tahun 2012 berupa bantuan modal melalui Program PUMP-PB TA. 2012. Dengan mendapatkan dana PUMP PB tersebut Pokdakan Bela Tani dapat meningkatkan produksi dan pendapatan kelompok.
                Hasil panen yang diperoleh setelah mendapatkan dana bantuan PUMP PB sangat memuaskan, Pada satu tahun dilakukan 2 kali panen ikan gurame. Panen pertama pada bulan Mei 2012 mendapatkan 2.000 Kg ikan gurame dan panen yang kedua mendapatkan 2.250 Kg ikan Gurame, sehingga dalam satu tahun Pokdakan Bela Tani menghasilkan ikan guramen sebanyak 4.250 Kg.  Hasil tersebut didapatkan karena kelompok senantiasa melakukan perawatan yang baik dengan cara pemberian vitamin, pergantian air secara teratur dan mensortir ikan sehingga mendapatkan ukuran yang merata disetiap ekornya, hal tersebut juga dapat menghemat biaya ikan dan mengurangi tingkat kematian ikan gurame.

                Pendapatan anggota Pokdakan meningkat menjadi Rp. 2.400.000 s/d 3.000.000 setiap bulannya, dibandingkan dengan pendapatan sebelumnya per anggota mendapatkan kenaikan pendapatan sekitar Rp. 250.000,- per bulan.
                Dalam mengembangkan usahanya Pokdakan Bela Tani mencoba untuk mendapatkan tambahan modal berupa dana kredit dari Perbankan. Dengan pendekatan intensif oleh kelompok, Dinas, PPTK dan instansi terkait lainnya, akhirnya Pokdakan Bela Tani mendapatkan dana KPPE (Kredit Ketahanan Pangan dan Energi) melalui Bank BRI Kantor Cabang Tebing Tinggi sebesar Rp. 760.880.000,-.
                Dengan mendapatkan dana KKPE, Pokdakan Bela Tani dapat dengan leluasa mengembangkan usahanya. Dengan demikian kesejahteraan anggota Pokdakan khususnya dan masyarakat sekitar dapat menigkat dan menjadikan perekonomian daerah sekitar menjadi lebih maju. (syati Saptaria).

No comments:

Post a Comment